"JADILAH PENDENGAR YANG BAIK"
• Biasakan untuk meminta pendapat atau masukan dari karyawan Anda. Dengan begitu, mereka akan terbiasa mengungkapkan pendapat.
• Jaga bahasa tubuh Anda agar tetap memberi sinyal positif bahwa Anda
sedang konsentrasi pada pembicaraan. Misalnya, dengan kontak mata atau
anggukan kepala tanda Anda mengerti.
• Meski Anda merasa belum jelas pada apa yang sedang disampaikan
bawahan, sebaiknya tunggu sampai ia selesai bicara, baru Anda bertanya,
supaya tidak mengganggu alur pikirannya.
• Berikan tanggapan atau afirmasi positif saat mereka telah menyampaikan
opininya. Dengan begitu, karyawan merasa dihargai, dan nantinya ia akan
lebih yakin untuk mengungkapkan pendapatnya.
• Fokuskan perhatian pada apa yang sedang mereka katakan, bukan kepada
cara penyampaiannya. Karena, banyak karyawan merasa grogi setiap kali
harus berbicara dengan atasannya.
• Ketika Anda sedang sibuk, ada seorang karyawan ingin menyampaikan
masalah penting ? Mintalah ia menunda pembicaraan, dan cari waktu
khusus. Dengan demikian, perhatian Anda tidak terpecah dan Anda dapat
mendengarkan persoalannya secara seksama.
"SEMOGA TIPS INI BISA BERMANFAAT"