Jumat, 23 September 2011

belajar MEMIMPIN

"JADILAH PENDENGAR YANG BAIK"

• Biasakan untuk meminta pendapat atau masukan dari karyawan Anda. Dengan begitu, mereka akan terbiasa mengungkapkan pendapat.

• Jaga bahasa tubuh Anda agar tetap memberi sinyal positif bahwa Anda sedang konsentrasi pada pembicaraan. Misalnya, dengan kontak mata atau anggukan kepala tanda Anda mengerti.

• Meski Anda merasa belum jelas pada apa yang sedang disampaikan bawahan, sebaiknya tunggu sampai ia selesai bicara, baru Anda bertanya, supaya tidak mengganggu alur pikirannya.

• Berikan tanggapan atau afirmasi positif saat mereka telah menyampaikan opininya. Dengan begitu, karyawan merasa dihargai, dan nantinya ia akan lebih yakin untuk mengungkapkan pendapatnya.

• Fokuskan perhatian pada apa yang sedang mereka katakan, bukan kepada cara penyampaiannya. Karena, banyak karyawan merasa grogi setiap kali harus berbicara dengan atasannya.

• Ketika Anda sedang sibuk, ada seorang karyawan ingin menyampaikan masalah penting ? Mintalah ia menunda pembicaraan, dan cari waktu khusus. Dengan demikian, perhatian Anda tidak terpecah dan Anda dapat mendengarkan persoalannya secara seksama.

"SEMOGA TIPS INI BISA BERMANFAAT"